#12 of 22 | prev product Prev - Next next product
printer email

product arrow Kisah Para Tabi'in

Kisah Para Tabi'in
Price Rp 175.000 Beli

Judul Buku: Kisah Para Tabi'in

Penulis: Syaikh Abdul Mun'im Al-Hasyimi

Penerbit: Ummul Qura

"Sesungguhnya, orang-orang yang terbaik diantara kamu ialah yang hidup pada kurunku (Sahabat), kemudian orang-orang yang hidup sesudah kurunku (Tabi'in)" (HR Muslim No 4603)

Keteladanan (Uswah, Qudwah) barangkali merupakan salah satu barang berharga yang makin langka bagi umat saat ini. Setelah Rasulullah ﷺ menyatakan para shabat sebagai generasi terbaik, menyusul kemudian generasi tabi'in. Penggalan hadist diatas adalah salah satu bukti, yaitu rekomendasi Rasulullah ﷺ akan kwalitas para tab'in.

Tabi'in adalah generasi muslim awal yang masa hidupnya setelah para sahabat Nabi ﷺ dan tidak mengalami masa hidup Nabi Muhammad . Usianya tentu saja lebih muda dari generasi sahabat, bahkan ada yang masih anak-anak atau remaja pada masa sahabat masih hidup. Singkatnya, mereka merupakan murid dari para sahabat Nabi .

Ya, merekalah generasi terbaik setelah para Sahabat Nabi. Mereka pula para insan teladan yang memberikan teladan dalam mengarungi tantangan zaman, sejak era kejayaan islam pada masa Khulafa Rasyidin hingga pasang surut kejayaan Islam pada masa Khilafah Umawiyah hingga permulaan era daulah Abbasiyah. 

Tabi'in yang pertama kali meninggal setelah najasyi adalah Zaid Ibn Ma'mar bin Zaid, yaitu pada tahun 30H, dan yang terakhir wafat ialah Khalaf bin Khulaifah, yaitu pada tahun 181H. In sya Allah, buku ini termasuk terjemahan paling lengkap yang secara ilmiah fokus memotret profil para tabi'in. Termasuk kelebihan lain buku ini adalah klasifikasi berdasarkan kompetensi dan letak geografis mereka.

Yang jelas, banyak keteladanan para tabi'in yang bisa ditiru melalui buku ini, baik dalam hal kualitas keimanan, ketakwaan, keilmuan, akhlakul karimah, kejuhudan, kewaroan, ketawaduan, maupun dalam ketekunan ibadah. Juga, dalam keikhlasan, kesungguhan, kesabaran, ketabahan, maupun keistiqomahan diatas kebenaran. 

Selamat membaca!!!