#19 of 22 | prev product Prev - Next next product
printer email

product arrow Ahkam Sulthaniyah, Sistem Pemerintahan Khilafah Islam - Imam Al-Mawardi

Ahkam Sulthaniyah, Sistem Pemerintahan Khilafah Islam - Imam Al-Mawardi
Price Rp 110.000 Beli

JudulAHKAM SULTHANIYAH : Sistem Pemerintahan Khilafah Islam 
No. ISBN9789791303729
PenulisImam al-Mawardi
PenerbitQisthi Press 

Al-Ahkam as-Sulthaniyyah ini merupakan karya monumental al-Mawardi yang kuat diyakini ditulis atas permintaan Khalifah al-Qa'im bi Amrillah (422-467 H), Buku ini memuat hukum-hukum yang sangat dibutuhkan oleh para penguasa, khususnya khalifah dan jajarannya. Selain dibutuhkan oleh aparatur pemerintah sebagai rujukan untuk menjalankan tugas dan kewaiiban mereka. juga menjadi pegangan masyarakat untuk mengetahui hak dan kewajiban para penguasa atas diri mereka. Dengan begitu. mereka mempunyal pedoman untuk melakukan check and balance.

Buku ini terdiri dari dua puluh bab, dan memhahas banyak hal, seperti: akad Imamah. pengangkatan Wizarat (pembantu khalifah), bukan wizarat dengan konotasi kementerian seperti dalam sistem demokrasi, pengangkatan Imarah 'aia al-Bilad (kepala daerah). pengangkatan Imarah 'ah al-Jihad (panglima perang). dan sebagainya. Termasuk bab tentang penetapan Jizyah dan Kharaj, hukum Ihya' al-Mawat (menghidupkan tanah mati). eksplorasi air (termasuk tambang). Hirna dan Irfaq (proteksl lahan dan kepemilikan umum). hingga Diwan (administrasi), Ahkam al-Jara'im (hukum tindak kriminal), dan Hisbah.

Menariknya, dalam buku ini al-Mawardi sama sekali tidak terpengaruh oleh teori-teori Socrates. Plato, Aristoteles atau filsuf Yunani lainnya. Padahal. ketika itu pemikiran mereka sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Arab. Dalam penulisannya. beliau berpijak pada al-Qur'an. as-Sunnah, ijma dan qiyas sebagaimana dalil yang lazim digunakan di kalangan mazhab Syafi'i. Selain Itu, beliau juga menjelaskan berbagai pandangan mazhab yang berkaitan dengan sistem pemerintahan Islam ini. 

Istimewanya lagi, buku Al-Ahkam as-Sukhaniyyah ini menjad! rujukan penting karena selain penulisnya yang merupakan seorang mujtahld, juga adalah pelaku sejarah. Istimewanya lagi, buku ini merupakan tulisan yang paling awal membahas tentang sistem Negara Khilafah sekaligus menjadi dokumen autentik penerapan sistem pemerintahan islam di dalam Negara Khilafah. pada era Khilafah Abbasiyyah.